Monday, February 12, 2018

Sifat-Sifat Gelombang

SIFAT-SIFAT GELOMBANG 
      
      Gelombang memiliki sifat-sifat yang berlaku umum, yaitu pemantulan atau refleksi ,pembiasan atau retraksi, kelenturan atau difraksi ,perpaduan atau intervensi ,dispersi atau polarisasi. Dengan mempelajari satu jenis gelombang misalnya gelombang permukaan air dan pengembangan kesimpulan kesimpulan yang diperoleh dapat dijelaskan sifat umum gelombang. gelombang permukaan air mudah diamati dengan menggunakan tangki pria atau tangki gelombang tangki riak, memiliki dua jenis pembangkit gelombang yaitu pembangkit gelombang keping dan pembangkit gelombang bola. Getaran pembangkit gelombang keping menghasilkan sekumpulan garis lurus yang disebut muka gelombang lurus getaran pembangkit gelombang bola menghasilkan muka gelombang lingkaran.




       Muka gelombang atau front gelombang didefinisikan sebagai tempat kedudukan titik yang memiliki fase sama pada gelombang jarak antara dua muka gelombang yang berdekatan sama dengan satu panjang gelombang.

   Setiap gelombang merambat dengan arah tertentu arah merambat suatu gelombang disebut dengan sinar gelombang sinar gelombang selalu tegak lurus pada muka gelombang sinar gelombang pada muka gelombang lurus berbentuk garis lurus yang tegak lurus pada muka gelombang sinar gelombang pada muka gelombang lingkaran berbentuk garis lurus yang berarah Radial keluar dari sumber gelombang.
 
Interferensi gelombang.

Apabila dua buah gelombang koheren yaitu gelombang yang memiliki frekuensi dan beda fase sama saling bertemu maka akan terjadi peristiwa interferensi gelombang peristiwa interferensi ini dapat diamati dengan mudah pada tangki riak Jika dua buah sumber koheren S1 dan S2 menghasilkan dua muka gelombang lingkaran maka kedua muka gelombang itu akan bertemu dan membentuk suatu pola interferensi pada permukaan air muka gelombang yang digambarkan dengan garis putus-putus adalah lembaran gelombang sedangkan yang digambarkan dengan garis utuh merupakan puncak gelombang.



     Pola interferensi dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu interferensi saling menguatkan dan interferensi saling melemahkan interferensi konstruktif ditandai dengan titik tebal sementara interferensi destruktif ditandai dengan lingkaran kecil.

     Prinsip superposisi seperti yang telah kita pelajari sebelum dapat menjelaskan pola interferensi tersebut pada saat Puncak gelombang dari salah satu sumber bertemu dengan satu Lembah gelombang dari sumber yang lain dalam air tangki pria akan memiliki simpangan sama dengan nol titik titik yang mempunyai simpangan 0 akan mengalami interferensi destruktif atau saling melemahkan sementara itu ketika dua Puncak gelombang atau dua Lembah gelombang bertemu di suatu titik maka akan terjadi suatu gelombang yang amplitudonya 2 kali amplitudo masing-masing gelombang sumber titik titik yang demikian merupakan interferensi konstruktif atau saling menguatkan. 

     Tempat kedudukan titik titik interferensi konstruktif dan destruktif dapat ditentukan berdasarkan selisih jarak Sumber S1 ke titik yang ditinjau dengan narasumber S2 ke titik yang sama selisih jarak ini dinamakan beda lintasan dan dinyatakan dengan simbol Gamma (&)


EmoticonEmoticon