Monday, February 12, 2018

Gelombang Transversal Dan Gelombang Longitudinal

       Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal

        Berdasarkan arah getarannya gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatannya. Pada gelombang transversal, yang merambat adalah bentuk bukit atau bentuk lembah. Perambatan ini hanya dapat terjadi pada zat yang kenyal atau elastis. Oleh karena itu, gelombang transversal hanya dapat dijadikan pada zat padat.


     Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya searah dengan arah perambatannya. Pada gelombang longitudinal, yang merambat adalah rambatan dan renggangan rapatan dan renggangan, dapat terjadi pada semua zat Oleh karena itu gelombang longitudinal dapat merambat pada semua wujud zat termasuk zat padat, zat cair, atau zat gas. 

      Gelombang transversal dan gelombang longitudinal merambat dari satu ujung ke ujung lain medium gelombang seperti ini dinamakan gelombang berjalan pada gelombang transversal satu gelombang penuh, terdiri atas satu lembah dan satu Bukit satu gelombang penuh terbentuk jika pada medium diberikan satu getaran jarak yang ditempuh gelombang dalam waktu satu periode dinamakan panjang gelombang misalnya cepat rambat gelombang adalah v dengan menggunakan rumus jarak s=vt.   

       Persamaan-persamaan yang diperoleh dari gelombang transversal tersebut juga berlaku pada gelombang longitudinal pada gelombang transversal ada beberapa istilah yang dapat didefinisikan sebagai berikut.


1. Puncak gelombang adalah titik tertinggi pada gelombang.

2. Dasar gelombang adalah titik titik terendah pada gelombang.

3.  Bukit gelombang adalah lengkungan a b c atau e f g.

4. Lembah gelombang adalah cekungan c d e atau g h i.

5. Amplitudo adalah nilai mutlak simpangan terbesar yang dapat dicapai partikel.

6. Panjang gelombang adalah jarak antara dua Puncak berurutan atau jarak antara dua dasar berurutan.

7. Periode adalah selang waktu yang diperlukan untuk menempuh dua Puncak yang berurutan atau dua dasar yang berurutan.

     Untuk gelombang longitudinal , jarak antara dua renggangan yang berdekatan atau jarak antara dua rapatan yabg berdekatan sama dengan panjang gelombang.  Jarak antara renggangan dan rapatan yabg berdekatan sama dengan setengah panjang gelombang.


EmoticonEmoticon