Monday, February 12, 2018

Energi Gelombang

      Energi Gelombang

           Gelombang memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain. Waktu gelombang melalui medium, energi dipindahkan dalam bentuk energi getaran dari partikel satu ke partikel lain dalam medium. Dasar hukum kekekalan energi mekanik ke energi gelombang dirumuskan sebagai E = 1/2ka2 dan menurut rumus frekuensi gelombang diperoleh k = 4Π2mf2 sehingga energi getaran dapat dinyatakan sebagai.


    Energi yang dipindahkan oleh gelombang biasanya dinyatakan dalam intensitas gelombang. Intensitas gelombang didefinisikan sebagai daya gelombang yang dipindahkan melalui bidang seluas satu satuan yang tegak lurus pada arah cepat rambat gelombang

       Jika suatu gelombang memancarkan dari sumber gelombang ke segala arah gelombang merupakan gelombang tiga dimensi. Contohnya adalah gelombang bunyi yang memancarkan di udara gelombang gempa bumi dan gelombang cahaya. Apabila medium yang dilakukan gelombang tiga dimensi bersifat isotropik atau sama dalam segala arah muka gelombang yang dapat dipancarkan berbentuk bola sehingga perbandingan intensitas gelombang dapat diturunkan dari daya panjang pada kedua titik.


EmoticonEmoticon